Sunday 30 November 2008

French Fries local

Membuat french fries sendiri dari ketela rambat yuk…

Kentang mahal…?? kalau mau dibuat ala French Fries dengan kentang lokal pasti lembek yah…
yuk.. kita coba buat French Fries dari ketela rambat, hasil mirip dengan kentang goreng lokal namun biaya jauh lebih murah..

So.. bisnis anda jadi lebih untung yah… jualnya kemana yah?? karena saya punya armada Imut-Imut jadi tidak bingung saya menjualnya…

kita siapin dulu bahan bahannya:

  • Ubi jalar varietas Borobudur
  • Larutan natrium bisulfit atau natrium meta bisulfit
  • Larutan natirum pirofosfat + Kalsium khlorida 1%

Peralatan yang akan digunakan juga perlu kita siapin:

  1. Pisau dan talenan
  2. Wadah perendam.
  3. Panci/ember
  4. Freezer

cara mbuatnya :

  1. Pemotongan. Umbi dicuci, kemudian dikupas, dan dicuci kembali. Setelah itu umbi dipotong-potong berbentuk memanjang dengan ukuran tinggi 10 cm, atau sesuai dengan ukuran umbi yang tersedia; lebar dan panjang 1 cm.
  2. Sulfitasi. Potongan umbi direndam di dalam larutan natrium bisulfit atau larutan natrium metabisulfit 300 ppm selama 1520 menit.
  3. Pemanasan ringan I. Natrium pirofosfat + Kalsium khlorida 1% dipanaskan sampai suhu 65°C. Kedalam larutan hangat tersebut dicelupkan potongan ubi jalar selama 30 menit sambil diaduk pelan-pelan.
  4. Pemanasan ringan II. Larutan natrium pirofosfat + Kalisium khlorida 1% yang lain dipanaskan sampai suhu 100°C. Potongan umbi yang sudah mendapat pemanasan ringan I segera diangkat dan dicelupkan ke dalam larutan yang disiapkan ini selama 5 menit sambil diaduk pelan-pelan. Setelah itu umbi didinginkan dan ditiriskan.
  5. Pembekuan I. Setelah dingin, bahan segera dibekukan sampai suhu mencapai -20°C.
  6. Penggorengan. Bahan digoreng pada suhu 175°C selam 2 menit sambil diaduk pelan-pelan, kemudian diangkat, ditiriskan dan didinginkan. Setelah dingin, bahan dikemas di dalam kantong plastik,dan segera dibekukan pada suhu -20°C sebagai frenc fries ubi jalar.
  7. Penyiapan untuk konsumsi. French fries beku dikeluarkan dari lemari pembeku (freezer), dan dibiarkan sampai tidak terlalu dingin. Selanjutnya bahan ini dapat dipanggang pada oven, atau dicelupkan sebentar di dalam minyak panas.
  8. Dan yang terakhir tentunya TIDAK AKAN ENAK jika tidak ditaburi bumbu taburnya Rafazka donk. Sesuai selera pasar di tempat anda, ada 24 rasa kok dan selalu ada yang baru setiap bulannya
  9. Selamat berkarya…!!!
  10. Selamat meikmati.. (keuntungan). :-)


0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms